Kamis, 17 Januari 2013

icon icon pada microsoft word




CARA PENGGUNAAN MICROSOFT OFFICE WORD
1

         1. Yang pertama klik star di pojok kiri bawah



        2. Arahkan kursor pada all program,kemudian pilih Microsoft office selanjutnya pilih Microsoft office word

     3. Kemudian akan muncul lembar kerja baru yang bisa digunakkan untuk mengetikkan karakter, huruf angka dan sebagainya sesuai keinginan kita.

    4. Selanjutnta disini saya akan menjelaskan semua tentang icon icon yang akan digunakan di microsoft office word.
    5. Yang pertama saya akan menjelaskan icon yang berada di menu file,di icon file terdapat banyak sekali icon icon yang diperlukan untuk pembuatan microsoft ofice word  seperti : save, save as,open,close,new print,save and send,help,option,exit.

         Diantaranya yang berada di menu  file :
       1. Save digunakan untuk menyimpan data yang sudah disimpan sebelumnya dikarenakan pada saat kita  mengganti sebuah karakter atau mengedit sebuakh karakter bisa tersimpan lagi tanpa menyimpan ulang seperti pertama kali kita menyimpan sebuah data



2.    Save as digunakan untuk menyimpan data yang pertama disaat kita membuat sebuah data kita menyimpannya menggunakkan save as.



       3. Open digunakan untuk membuka kembali lembar kerja atau data yang sudah jadi dalam bentuk Microsoft office word.

4.      Clos digunakan untuk menutup lembar kerja atau data yang selesai dibuat.

5.      Info digunaakan untuk melihat hasil dari kita membuat dokumen  dalam microfot word.
6.      Recent digunakan untuk melihat lembar kerja yang sudah pernah dibuka sebelumnya.



7.      New digunakkan untuk membuka lembar kerja Microsoft office word baru.

8.      Print digunakan untuk mencetak file dalam bentuk lembaran kertas.






                    9. Save and send digunakan untuk menyimpan data setelah itu dikirimkan melalui internet.



10.     Help digunakan untuk memberikan pertolongan pada Microsoft office word saat kita mengalami kesulitan dalam penggunaannya.


11.      option digunakan untuk untuk membuka word option.







             12. exit digunakan untuk menutup semua program Microsoft office word keseluruhan.
6. selanjutnya saya akan menjelaskan menu pada home,didalam home itu banyak sekali icon icon yang juga bias digunakan intuk memodifikasi karakter,tulisan ataupun yang lainnya,seperti :clipboard,font,paragraph,style,change styles,editing.

Diantaranya yang berada di menu home :
Clipboard
Cut(CTRL+X)
Cut berfungsi untuk menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard

b.      Copy (CTRL +C)

Copy berfungsi untuk menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
c.    Paste
      Paste (CTRL +V)
Paste berfungsi untuk menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
      Paste Special (ALT + CTRL +V)
Paste Special berfungsi untuk menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
·     Paste As Hyperlink
Paste As Hyperlink berfungsi untuk menempatkan teks sebagai hyperlink
d.   Format Painter
Menyalin format pada Clipboard untuk diletakkan pada posisi yang diinginkan.
 





·         Font


a.       Fonts (CTRL+SHIFT+F)
Font berfungsi untuk memilih beberapa jenis atau bentuk font/huruf untuk digunakn pada teks.
b.   Font Size (CTRL + SHIFT +T)
Font Size berfungsi untuk mengubah ukuran font/huruf pada teks.
c.    Grow Font (CTRL +>)
Grow Font berfungsi untuk memperbesar font secara instan
d.   Shrink Font (CTRL +<)
Shrink Font berfungsi untuk memperkecil font secara instan
e.   Clear Formatting
Clear Formatting berfungsi untuk menghapus pengformatan teks terpilih
f.    Bold (CTRL +B)
Bold berfungsi untuk mempertebal teks yang terpilih
g.   Italic (CTRL +I)
Italic berfungsi untuk memirinkan teks yang terpilih
h.   Underline (CTRL +U)
Underline berfungsi untuk memberikan garis bawah pada teks yang terpilih
i.    Strikethrough
Strikethrough berfungsi untuk memberikan garis tengah (garis coret) pada teks yang terpilih
j.    Subscript (CTRL +=)
Subscript berfungsi untuk mengetikan karakter pemangkatan (huruf kecil di bawah huruf sebelumnya)
k.   Superscript (CTRL +SHIFT ++)
Superscript berfungsi untuk mengetikan karakter pemangkatan (huruf kecil di atas huruf sebelumnya
l.    Change Case (SHIFT F3)
Change Case bersungsi untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil/besar kecil pada teks/kata yang terpilih.
m.  Text Highlight Color
Text Highlight Color berfungsi untuk memberikan latar belakang warna pada text
n.   Font Color
Font Color berfungsi untuk memberi warna teks yang terpilih

·           Praagraph

a.       Bullets
Bullets berfungsi untuk memberikan/menghilangkan  tanda bullet di tiap paragraph yang terpilih
b.      Numbering
Numbering berfungsi untuk memberikan/menghilangkan format penomoran pada paragraph yang terpilih
c.       Multilevel List
Multilevel List berfungsi untuk membuat posisi penomoran berupa angka atau nomor urut
d.      Decrease Indent
Decrease Indent berfungsi untuk menghapus atau menurunkan posisi paragraph  ke kiri
e.      Increase Indent
Increase Indent berfungsi untuk menambahkan atau memberi posisi paragraph ke kanan
f.        Sort
Sort berfungsi untuk mengurutkan data pada sebuah tabel
g.       Show/ Hide (CTRL +*)
Show/ Hide: berfungsi untuk menampilkan/ menyembunyikan koreksi paragraph
h.      Align Text Left (CTRL+L)
Align Text Left: berfungsi untuk mengatur perataan teks ke kiri.
i.         Center (CTRL+E)
Center berfungsi untuk mengatur teks untuk rata tengah
j.        Align Text Right (CTRL+R)
Align Text Right berfungsi untuk mengatur teks rata kanan
k.       Justify (CTRL+J)
Justify berfungsi untuk mengatur perataan teks ke kanan
l.         Line Spacing
Line Spacing berfungsi untuk mengatur jarak antara baris teks atau paragraph
m.    Shading
Shading berfungsi untuk memberikan latar belakang warna pada teks yang terpilih
n.      Buttom Border
Buttom Border berfungsi untuk meberikan garis tepi pada teks yang terpilih

·         Styles

a.        Heading Style
Heading Style berfungsi untuk memberi style pada paragraph. Pada Heading Style secara otmoatis terdapat beberapa format style yang siap digunakan seperti : ¶ Normal, ¶ No Spacing, Heading 1, Title, Subtitle, Subtle Emphasis, Emphasis, dan lain-lain Sebagainya
b.      Change Styles
Change Styles berfungsi untuk mengubah style paragraph yang sedang aktif

·         Editing


a.       Find (CTRL +F)
Find berfungsi untuk mencari kata yang ada pada halaman tesebut
b.      Replace (CTRL +H)
Replace berfungsi untuk menggati kata yang ada pada halaman dengan kata yang diinginkan
c.        Select
Select berfungsi untuk menyeleksi teks, paragraph atau gambar pada halaman.


    7. selanjutnya saya akan menjelaska menu  pada insert yang berperan pentig pada Microsoft word untuk menyisipkan gambar,symbol,diagram,table,dan masih banyak lagi.

Diantaranya yang berada di menu insert : 
 pages :
a.       Cover Page: digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
b.      Blank Page: untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen.
c.       Break Page: untuk memisah suatu halaman file dokumen.




Table :
a.       Insert Table: untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table.
b.       Draw Table: untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen.
c.        Convert Text to Table: digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel.
d.      Excel Spreadsheet : untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel.
e.        Quick Tables: untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010

 Illustration :

a.       Picture: digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer.
b.      Clip Art: untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program.
c.       Shapes: digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape.
d.      SmartArt: digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization.
e.       Chart: digunakan untuk menyisipkan diagram.
f.       Screenshot: digunakan untuk mengambil dan menyisipkan objek tertentu dari layar komputer.

 Link :
a.       Hyperlink: digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain.
b.      Bookmark: digunakan membuat penanda buku.
                              c.   Cross-reference: digunakan untuk membuat referensi antar file

 Header dan footer :
a.       Header: digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file.
b.      Footer: digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file.
c.        Page Number: digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman.

 Text :
a.       Text Box: digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks.
b.      Quick Parts: digunakan untuk mengatur teks otomatis dll.
c.        WordArt: digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik.
d.      Drop Cap: digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf.
e.       Signature Line: digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital.
f.       Date & Time: digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini.
g.      Object: digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)

Symbols :
a.       Equation: digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
b.      Symbol: digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.

8              8. selanjutnya saya akan menjelaska menu  pada page layout  yang berperan pentig pada Microsoft word yang digunakan untuk pengaturan pada kertas dan sebagainya.
 Diantaranya yang berada di menu page layout  :
·         themes :
a.       themes :Digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
b.      Color : Digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
c.       Fonts : Digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
d.      Effect : Digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.

 
 Page setup :
a.       Margins : Digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
b.       Orientation : Digunakan untuk mengatur posisi kertas.
c.       Size : Digunakan untuk mengatur ukuran halaman.
d.      Columns  : Digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
e.       Breaks : Digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
f.       Line Numbers : Digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks
g.      Hypenation : Digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.

 Page background :
a.       Watermark : Digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
b.      Page Color : Digunakan untuk mengatur warna latar halaman.
c.       Page Borders : Digunakan untuk mengatur garis tepi halaman.


Paragraph :
a.       Indent    : Digunakan untuk mengatur batas teks
                               b.  Spacing : Digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf

Arrange :
a.       Positio : Digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
b.      Wrap Text: Digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
c.       Bring Forward: Digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
d.      Send Backward: Digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
e.       Selection Pane   : Menampilkan panel navigasi objek
f.       Align : Digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
g.      Group : Digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
h.      Rotate: Digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpili




    9. selanjutnya saya akan menjelaska menu  pada reference  yang berperan pentig pada Microsoft word berfungsi memberikan informasi-informasi tambahan dapat disipkan dalam dokumen.
         Diantaranya yang berada di menu page layout  :

·         Table of contents :
a.       Table of Contens : untuk pengelolaan daftar isi 
b.      Add Text: untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat           
c.       Update Table: untuk memperbarui daftar isi 



Footnotes  :
a.       Insert footnote : berfungsi untuk membuat catatan kaki
b.      Insert endnote  : berfungsi untuk membuat catatan  akhir
c.       Next footnote : mencari catatan isi footnote dan endnote dan melihat isi footnote dan endnote.


Citation dan bibliography :
a.       Insert Citation    untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif.
b.      Manage Sources    untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen.
c.       Style    untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan .
d.      Bibliography     untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif   


Captions :
a.       Insert Caption     untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan.
b.      Insert Table of Figures    untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen .
c.        Update Table     untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar.
d.       Cross-reference    untuk menyisipkan referensi silang




  Index :
a.       Mark Entry    untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
b.      Insert index     untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen 
                              c.    Update Index    untuk memperbarui daftar indeks terkini .

Table of authorities :
a.        Mark Citation    Menambahkan text yang telah dipilih untuk dimasukkan kedalam table of authorities      
b. Insert Table Of Authorities    Menyisipkan table of authorities pada document   


10.      selanjutnya saya akan menjelaska menu  pada mailings   yang berperan pentig pada Microsoft word berfungsi


     Diantaranya yang berada di menu page layout  :
create :
a.       Envelopes : Untuk membungkus kertas atau surat menyurat  
b.      Labels :  Untuk memberikan label dalam penulisan surat

Start mail merge :
a.       Start Mail Marge : Untuk pemilihan bentuk surat yang harus di tulis
b.      Select Recipients  : Untuk memilih tipe-tipe surat surat yang akan diterima
c.       Edit Recipients List  : Untuk mengedit surat yang akan diterima orang atau yang akan di kirim

Write dan insert fields :
a.       Highlight Merge Fields : Untuk menggabungkan surat yang diterima dan yang dikirim
b.      Address Block  : Untuk pemilihan alamat surat
c.       Insert Marge Fields : Untuk menyisipkan dan menggabungkan surat
d.      Rules  : Untuk memberikan garis dalam surat
e.         Match Fields : Membandingkan surat
f.       Update Labels : Untuk memperbaharui label surat




·    Preview results :
a.       Preview Results : Untuk melihat atau mengulah surat yang sudah selesai dibuat
b.       Find Recipient  : Untuk mendapatkan atau memeskan orang yang menerima surat
c.       Auto Check for Errors  :  Untuk ngecek apa ada kesalahan dalam surat kita




·         Finish :
a.       Finish & Merge   : Untuk menyelesaikan dan menggabungkan















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 CERITA LANJUTAN Jujur aku bingung harus memulai dari mana, ada rasa tidak percaya dalam diriku tapi selalu akan aku tepis dengan prasangka ...