Rabu, 12 Desember 2012

langkah langkah instalasi lunux ubuntu


Langkah Langkah Instalasi Linux Ubuntu


1.      Atur agar Laptop booting dari DVD, pengaturan diatur melalui BIOS untuk membuka BIOS tekan tombol Delete atau F2 saat computer dinyalakan.

2.      Pilih settingan booting kemudian pilih DVD ROOM berada diurutan pertama kemudian masukkan DVD instalasi lalu simpan konfigurasi bios dengan cara menekan tombol F10.
3. Masukkan CD Installer ke perangkat CD / DVD-ROM dan reboot komputer untuk boot dari CD.Tunggu sampai CD termuat.
 
4.   Kita akan melihat wallpaper dan jendela instalasi. Pilih bahasa dan klik tombol "Install Ubuntu   10.04     LTS" untuk melanjutkan.

5.       Layar kedua akan menampilkan peta bumi. Setelah pemilihan lokasi, waktu sistem akan   menyesuaikan. Klik tombol "Forward" setelah memilih lokasi yang kita inginkan.
6.   Pada layar ketiga,kita dapat memilih layout keyboard yang diinginkan. Klik tombol "Forward" bila kita  telah selesai dengan konfigurasi keyboard.
7. Disini kita dapat memilih 4(empat) pilihan;
Jika memiliki sistem operasi lain (misalnya Windows XP) dan ingin sistem dual boot,pilihlah :
  1. Pilihan pertama : "Instal mereka secara berdampingan, memilih di antara mereka pada setiap startup."
  2. Pilihan Kedua : "Jika ingin menghapus sistem operasi yang ada, atau hard drive sudah kosong dan ingin agar installer secara otomatis mempartisi hard drive, pilihlah  pilihan kedua, "Gunakan seluruh disk (Use entire disk)"
  3. Pilihan Ketiga : "Gunakan ruang terbesar bebas terus-menerus" dan akan menginstal Ubuntu 10.04 di ruang unpartitioned pada hard drive yang dipilih.
  4. Pilihan Keempat : "Tentukan partisi secara manual" dan dianjurkan HANYA untuk pengguna tingkat lanjut, untuk membuat partisi khusus atau memformat hard drive dengan filesystem lain dari yang default. Tetapi juga dapat digunakan untuk menciptakan partisi / home, yang sangat berguna jika kita menginstal ulang seluruh sistem.
  5. Tabel partisi akan terlihat seperti gambar diatas.
 8.  Klik  tombol "Forward" untuk melanjutkan instalasi
9. Pada layar ini, isi kolom dengan nama kita masing masing, nama yang gunakan untuk login di Ubuntu OS  (juga dikenal sebagai username yang akan diminta untuk log in ke sistem), password dan nama komputer (secara otomatis, tetapi bisa ditimpa).
10. pada langkah ini, ada sebuah opsi bernama "Login secara otomatis". Jika kita mencentang kotak pada pilihan ini, kita akan secara otomatis login ke desktop Ubuntu. Klik tombol "Forward" untuk melanjutkan proses instalasi.
11.Langkah terakhir instalasi linux Ubuntu . Klik tombol “Install”.
12.      Linux Ubuntu 10.04 LTS (Lucid Lynx) akan terinstall,tunggu beberapa menit hingga instalasinya berakhir.


13. Setelah beberapa menit (tergantung spesifikasi komputer kita masing masing), sebuah jendela pop-up akan muncul, memberitahukan bahwa instalasi selesai, setelah itu harus
       merestart komputer untuk menggunakan sistem operasi Ubuntu yang baru diinstal. Klik    tombol    "Restart Now"...


14.      CD tersebut akan keluar otomatis; keluarkan dan tekan "Enter" untuk reboot. Komputer akan direstart  dan dalam beberapa detik, kita akan melihat boot splash Linux Ubuntu .


15.      Pada layar login, klik nama pengguna  dan masukan password. Klik "Log In" atau tekan Enter.


16.      Tampilan Desktop Linux  Ubuntu 10.04 LTS (Lucid Lynx).


17.  setelah instalasi berakhir barulah linux Ubuntu bisa digunakan dan dapat di operasikan seperti kita mengoperasikan windows, kita dapat menginstal software software yang kita butuhkan dalam mengoperasikan pekerjaan.
                     



Sekian dan Terima Kasih








 
 
 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 CERITA LANJUTAN Jujur aku bingung harus memulai dari mana, ada rasa tidak percaya dalam diriku tapi selalu akan aku tepis dengan prasangka ...